Ketahuilah Sistem Ranting pada Game!

Meme yang saya dapat di imgur
Sistem Ranting pada Game kini menjadi bahan pembicaraan publik indonesia karena "banyaknya" anak yang dibawah umur telah memainkan Game yang seharusnya belum pantas mereka mainkan. Karena Hal ini, KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) dan Kemendikbud telah memberencanakan untuk memblokir ke 15 Game yang menurut mereka "berbahaya" untuk anak berdasarkan berita yang telah saya baca diantaranya :

World of Warcraft
Call of Duty
Point Blank
Cross Fire
War Rock
Counter Strike
Mortal Kombat
Future Cop
Carmageddon
Shelshock
Rising Force
Atlantica
Conflict Vietnam
Bully
Grand Theft Auto

Melihat list diatas, judul Game tersebut termasuk Game yang sudah lama rilis di pasaran sekitar 9-15 tahunan yang lalu. Berdasarkan Ranting ESRB dan PEGI dan Gameplay pada list Game tersebut. Game tersebut termasuk Game untuk 16+ dan bahkan 18+. Dan memiliki unsur darah, kekerasan dan pembunuhan. 

Apakah dengan memblokir Membuat Masalah Terselesaikan?

Lalu apa fugsi ESRB dan PEGI memberikan ranting pada masing - masing Game? Game juga mempunyai batas usia yang dimainkan seperti halnya film dan makanan. Memblokir bukanlah jalan yang tepat. Kenapa? karena masih banyak Game yang memiliki konten 16+  di berbagai tempat, baik internet yang bisa didapatkan dengan mudah dengan membeli dengan harga yang terjangkau bahkan diunduh secara gratis karena pembajakan yang luas. Dan juga, Game online yang bisa diunduh secara resmi dan gratis (Free to Play).  Saya sendiri berharap. Bahwa tidak ada yang namanya "Blokir". Bayangkan, jika pemerintah akhirnya memblokir semua game dengan konten yang tidak pantas dimainkan anak ketika anda sudah cukup umur untuk memainkan Game tersebut namun parahnya hanya ada Game anak - anak di negeri ini dengan ranting Child. Would to play? NOT AT ALL

Sistem Ranting juga sudah tertera pada situs resmi dalam internet
Dan ketahuilah bahwa game memiliki sistem rantingnya masing - masing. Saya yakin, anda pasti pernah melihat logo ESRB dan PEGI seperti gambar dibawah ini.

Sistem Ranting ESRB (Amerika Serikat)
Sumber : ESRB

Sistem Ranting yang sudah di"tempel" pada Game
Sumber : arstechnica
Sistem Ranting PEGI (Eropa)
Sumber : PEGI

Hal yang Perlu Orang Tua lakukan

Seperti halnya makanan dan film. Game juga perlu bimbingan orang tua dan jangan biarkan anak anda "kebebasan" dalam membeli Game dan mengunduh Game. Perhatikan Ranting apa yang ditempel pada Game tersebut. Cari tahulah fungsi ranting ESRB dan PEGI di internet dan cari informasi mengenai Sistem Ranting dan juga, mengenai Ranting pada Game tersebut.

ESRB Ranting klik Disini


PEGI Ranting
Klik Disini


Siapa yang Salah jika Anak Anda masih dibawah umur sudah memainkan Game dengan Ranting Mature (17+)? 


Pendapat gw sendiri, Orang Tua enggak salah karena masih banyak yang minimnya pengetahuan mereka soal sistem ranting game, Game gak salah karena udah punya rantingnya masing - masing, Anak gak salah karena hanya menikmati apa yang mereka mainkan tanpa informasi atau bimbingan. Negeri ini masih minim banget soal pengetahuan fungsi ranting pada game dan Sistem ranting juga gak asal asalan dalam me"ranting" karena setiap apa yang mereka ranting juga ada penjelasannya dan bahayanya jika dimainin sama anak dibawah umur.

 

Pemerintah seharusnya mendidik para orang tua mengenai sistem ranting dan bahayanya. Kenapa? seperti yang gw udah tulis diawal artikel ini.
Memblokir jelas bukan jalan yang disukai bagi Gamer yang sudah cukup umur.