Cara Menyalakan/Mematikan NumLock pada Laptop/Notebook



NumLock mungkin tombol ini agak terdengar asing atau mungkin anda sudah mengetahuinya? saya sendiri bahkan tidak paham dengan fungsi tombol NumLock satu ini. Karena kenyataannya juga tombol ini tidak benar - benar berguna, dan pastinya juga mengganggu ketika sedang mengetik dan anda tidak sengaja menyalakan lalu tidak tahu cara mematikannya.

Apa yang akan terjadi jika NumLock ini aktif? ketika tombol ini aktif, hal ini bukanlah hal yang perlu anda takutkan karena ini bukanlah kerusakan melainkan fungsi dari tombol keyboard, walau saya sendiri tidak mengetahui fungsinya. Cobalah perhatikan Keyboard Laptop, Notebook atau Netbook anda.


Kurang atau lebih, pastinya gambar diatas mirip dengan tampilan keyboard Laptop anda lalu jika diperhatikan, terdapat sebuah angka kecil dibagian kanan sedikit ke tengah, akan saya berikan tanda pada bagian tersebut.


Pada bagian tersebutlah tombol NumLock jika diaktifkan.

Jika dibandingkan dengan keyboard Komputer, NumLock sendiri dapat digunakan lebih mudah tanpa menekan tombol Fn + Insert/Num Lk pada Laptop namun langsung dengan menekan tombol Num Lock tersebut, agar lebih mudah mengetahuinya akan saya berikan gambar dan sebuah tanda berwarna biru.


Biru muda adalah Tombol NumLock sedangkan Biru adalah Tombol Numpad.

Bagaimana Cara Mematikan/Menyalakan Num Lock pada Laptop/Notebook?

Well, jika anda sudah membaca tulisan diatas makan anda pasti mengetahui jawabannya. Sebenarnya cukup mudah untuk menyalakan ataupun mematikan tombol tersebut, anda hanya perlu menekan tombol Fn + Ins/Num LK.