Cara Cek DirectX yang Terpasang pada Windows Anda



DirectX, untuk seorang yang sering berkutat atau senang bermain games pada komputer ataupun laptop mereka. Biasanya DirectX tidak terdengar begitu asing di telinga mereka. Memang karena, nyatanya juga DirectX ini sangat berpengaruh pada Games ataupun program/software lainnya yang menghasilkan performa lebih, dengan kata lain.. memaksimalkan kinerja perangkat anda.

DirectX memang program ini terlihat sangat berguna untuk memaksimalkan kinerja Hardware anda. Dan untuk saat ini, DirectX terbaru dari Microsoft adalah yaitu DirectX 12. Namun sayangnya, program ini hanya tersedia untuk Windows 10 dan Graphic Card yang pastinya sudah mendukung DirectX terbaru tersebut, hal ini pastinya memerlukan budget yang tidak sedikit untuk menginstall DirectX terbaru tersebut.



Mungkin anda tertarik membaca, Penyebab DirectX 12 Tidak Terpasang pada Perangkat Anda.

Berbicara soal DirectX, DirectX manakah yang sudah terinstal pada perangkat anda? DirectX 8, 9, 10, 11? atau bahkan DirectX 12? yang pastinya, semakin baru versi DirectX yang terpasang maka semakin bagus juga performa Hardware yang dihasilkan. lalu, bagaimana cara cek DirectX yang terpasang pada Komputer/Laptop? pada artikel inilah, saya akan memberikan Tutorial tersebut.


Cara Cek DirectX yang Terpasang pada Komputer/Laptop Anda

Pertama, silahkan tekan logo Windows + R di Keyboard anda.


Silahkan ketik "dxdiag" pada kolom tersebut lalu tekan Enter ataupun klik Ok.


Dan situlah cara mengetahui DirectX yang terpasang pada Windows anda. DirectX version.


Tambahan, jika misalnya DirectX yang terpasang adalah DirectX 11, bukan berarti Graphic Card anda sudah menggunakan DirectX tersebut. Silahkan baca juga artikel saya untuk mengetahui DirectX Graphic Card anda, Cara Mengetahui Tipe Processor dengan Detail.