Tips Mengoptimalkan Performa AMD APU Anda!

Otak kiri (CPU) Otak tengah (APU) Otak kanan (GPU)
Sumber : WCCFTECH

AMD adalah salah satu Hardware yang terkenal di indonesia dan menjadi pesaing Intel dalam urusan processor dan bahkan, Nvidia untuk urusan Graphics Card. AMD sendiri sudah banyak digunakan oleh pengguna di dunia dan termasuk, indonesia untuk kebutuhan gaming, desain dan kebutuhan biasa. karena Hardware ini terkenal murah dan dengan performa berkualitas.

AMD APU (Accelerated Processing Unit) adalah processor generasi ke-6 (generasi terbaru). Processor ini menurut beberapa Website yang saya temukan, sudah mampu menjalankan secara mandiri tanpa Grafis Diskrit untuk kebutuhan biasa, gaming, dan visual. Terdengar hebat? ya, itulah kesan saya setelah mendengar processor generasi ke-6 AMD APU.

Performa AMD APU ini bisa anda optimalkan dengan tips - tips yang saya tulis dibawah ini. Mungkin, anda sendiri sudah paham bagaimana cara mengoptimalkan performa AMD APU karena cukup menggunakan software dari AMD yaitu Catalyst atau Crimson. Performa anda sudah teroptimalkan.

RAM Dual Channel

RAM Dual Channel sebenarnya Cara yang sudah biasa digunakan untuk pengoptimalan kinerja. Jika menggunakan RAM single dan masih terdapat sisa slot anda dapat menggunakan cara ini. Mengupgrade RAM termasuk salah satu upgrade Hardware. Lalu apa itu RAM Dual Channel? RAM Dual Channel menggunakan 2 memori identik yang sama baik dalam kecepatan dan memori.

Sistem dengan RAM Dual Channel akan mendapatkan bandwith dua kali lipat dibandingkan single memori. Ya, Dengan cara inilah anda sudah bisa meningkatkan performa CPU dan juga GPU yang terintegrasi  seperti Intel.

Meningkatkan RAM. Juga sekaligus meningkatkan Vram pada GPU integrasi anda.


RAM 2GB = 256 MB VRAM
RAM 4GB = 512 MB VRAM
RAM 8GB = 1 GB VRAM

Gunakan AMD Catalyst atau Crimson Terbaru

Sumber : AMD

Ya, seperti yang saya tulis di awal postingan ini. AMD Catalyst atau Crimson sudah bisa meningkatkan performa anda secara gratis dari pihak resminya, AMD.


Pada Driver resmi AMD ini anda bisa menyesuaikan tenaga Hardware anda kedalam mode Saving, Balanced, dan Max performance. Anda juga bisa melihat spesifikasi detail anda  mengenai Software dan Hardware tanpa program pihak ketiga.

Download salah satu Driver tersebut Disini.


AMD Crimson sebenarnya Driver pengganti atau bisa disebut juga penerus dari versi Catalyst sendiri yang pastinya lebih optimal dibandingkan dengan Catalyst dan dengan User Interface yang lebih modern atau lebih mudah untuk digunakan dengan desain Interface seperti Windows 10. Sedangkan Catalyst adalah Driver yang sudah "digantikan" oleh Crimson. Entah masih dikembangkan atau tidak namun Driver terbarunya masih mencampai versi 15.7.

Pastikan Driver Anda selalu Ter-updated!

Langkah terakhir ini, saya yakin pasti anda sudah sering mendengar judul Tips terakhir diatas. Yup, mengupdate Driver secara berkala dapat meningkatkan kualitas performa anda. Seperti Driver Catalyst/Crimson, Processor, GPU dan pastinya, semakin teroptimalkan pada setiap update driver.

Mungkin, tips - tips diatas sudah terlalu umum. Namun, pada tips - tips itulah anda sudah dapat mengoptimalkan performa anda tanpa resiko yang didapat. Anda juga bisa meningkatkan performa anda dengan cara Overclock dan pastinya, saya tidak menyarakan anda karena suhu yang begitu panas dan perlu seseorang yang ahli dibidang itu.