2 Cara Meningkatkan RAM Tanpa Upgrade Hardware Komputer!



Menggunakan komputer ataupun laptop dalam menjalankan program, aplikasi, game dan lain - lain. RAM berperan sangat penting disini. RAM adalah akses memori acak ( Random access memory ) yang berfungsi menyimpan data sementara sebelum dibawa oleh Processor dan VGA berjenis onboard. Menambah RAM sangat berguna sekali untuk mengoptimalkan kinerja hardware. Dengan begitu, anda bisa merasakan kecepatan yang lebih cepat jika banyaknya RAM yang terpasang.

Menggunakan RAM dengan kapasitas memori yang sedikit pada processor kinerja tinggi tentu tidak sebanding. Karena, kinerja sendiri pun akan terasa lambat. Seperti contohnya processor core i5 pada Notebook saya dengan RAM 2 gb bahkan usable menjadi 1,8 gb saja karena digunakan oleh VGA onboard saya. Kinerja pun terasa masih lambat dan bermain game pun masih terasa agak lambat.

Meningkatkan RAM dengan upgrade Hardware tentu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit jika anda mencari RAM yang berkapasitas besar. Namun, sebenarnya masih ada cara lain untuk meningkatkan RAM tanpa Hardware. Percaya kah anda? maka silahkan simak - 2 Cara Meningkatkan RAM Tanpa Upgrade Hardware Komputer!


Virtual Memory

Virtual memori adalah memori jenis virtual yang juga dapat mempengaruhi kinerja komputer ataupun laptop. Dengan menambagkan memori virtual ini, kinerja RAM bertambah lebih cepat walau tidak secepat menambah RAM melalui upgrade Hardware namun, setidaknya dengan ini kinerja RAM terasa sedikit cepat bukan?


Klik Start > klik kanan pada My Computer > lalu Properties.



Kemudian pilih Advanced system setting kemudian pada tab Advanced pilih Setting pada menu Performance.


Pilih tab Advanced lalu klik Change. Kemudian sesuaikan seperti gambar dibawah ini.



Anda dapat mengisi Initial size dan Maximum size sesuai yang anda ingin namun ingat, mengisikannya dengan banyak tidak memberikan jaminan kinerja lebih cepat.


Flash Disk


Seperti yang kita tahu bahwa Flashdisk adalah tempat dimana anda dapat menyimpan file dan folder apapun didalamnya dan menjadi tempat penyimpan data yang paling banyak diminati dibandingkan dengan DVD/CD. Namun, tak hanya untuk menyimpan data. Namun anda juga bisa memanfaatkan Flashdisk anda sebagai memori dan meningkatkan kinerja RAM anda.

Disini kita menggunakan fitur dari Microsoft ( Windows) yaitu fitur Readyboost. Dimana anda bisa meningkatkan kinerja memori melalui Flashdisk anda.

Pertama, anda colokkan Flashdisk pada perangkat anda. kemudian, klik kanan pada Flashdisk lalu klik Properties.

Lalu pilih tab Readyboost dan pilih Dedicate this Device to Readyboost. Dan silahkan anda isi memori dengan semaksimal mungkin untuk mengoptimalkan fitur ini pada Flashdisk. Saya menyarankan untuk mengkosongkan isi Flashdisk untuk menggunakan seluruh memori Flashdisk.



Sekali lagi, cara ini tidak meningkatkan kinerja yang begitu cepat namun saya rasa, cara ini lebih bagus dibandingkan dengan cara diatas dan tergantung pada memori anda.