Tips Menjaga Suhu Laptop/Notebook



Suhu pada Laptop/Notebook dapat terpengaruh biasanya karena beberapa faktor yaitu suhu ruangan, kinerja berlebih, penempatan udara laptop yang terlalu rapat dan lain - lainnya. Suhu pada Laptop/Notebook sebenarnya dapat mempengaruhi kinerja perangkat anda, seperti misalnya suhu Laptop/Notebook anda melebihi 80 derajat celcius maka kinerja hardware anda akan menurunkannya (disengaja) agar tidak mempercepat kerusakan.

Walau kinerja disengaja diturunkan agar tidak mempercepat kerusakan jika suhu sudah berlebih. Bukan berarti hardware anda akan bertahan lama. Sebaiknya anda juga perlu memperhatikan faktor yang menyebabkan suhu Laptop/Notebook meningkat seperti pada faktor yang sudah saya sebut tadi.

Apa penyebabnya jika suhu Laptop/Notebook sudah overheat? kerusakan hardware itu sendiri dan yang pasti, untuk memperbaiki kerusakan pada hardware Laptop/Notebook membutuhkan biaya yang tidak sedikit bahkan bisa menyamai harga sebuah Notebook. Bagaimana menjaga suhu Laptop/Notebook? nah, untuk itulah GudangTips-PC akan memberikan tips untuk anda!


Jauhkan dari Suhu Ruangan yang panas


Suhu ruangan yang panas tentu dapat meningkatkan suhu Laptop/Notebook, anda pasti sudah tau dengan penyebabnya. Pilihlah ruangan yang tidak terlalu panas/lebih sejuk dan sebaiknya juga pilih pada ruangan yang ber-AC dan jauhkan juga dari sinar matahari langsung.

Pilih Ruangan yang Bersih


Apakah ruangan yang kotor dapat mempengaruhi suhu Laptop/Notebook? iya, peyebabnya sendiri karena jika menggunakan Laptop/Notebook di ruangan yang kotor dapat membuat kotoran tersebut masuk kedalam ventilasi, keyboard dan sela - sela Laptop/Notebook dan akibatnya? suhu meningkat karena debu yang terlalu banyak menutupi. Jika ruangan anda kotor maka bersihkan lah terlebih dahulu.

Perhatikan Karet Penganjal Laptop/Notebook


Apa fungsi Karet penganjal Laptop/Notebook? sekarang, coba perhatikanlah pada bagian bawah Laptop/Notebook anda. Penganjal tersebut berguna untuk menjaga kerapatan dari lubang udara Laptop/Notebook. Apa penyebabnya jika karet penganjal Laptop/Notebook hilang pada semua posisi? penyebabnya, lubang udara tersebut tertahan oleh Meja atau lantai (tempat yang anda gunakan) akibatnya sulitnya udara segar masuk. Tips saya, jangan menarik Laptop/Notebook pada posisi berada di bawah lantai atau meja (tempat yang anda gunakan) karena karet penganjal tersebut dapat lepas.

Jangan gunakan Laptop/Notebook di Tempat Empuk


Tempat yang empuk seperti misalnya kasur dan sofa. Menggunakan Laptop/Notebook di posisi seperti ini dapat meningkat suhu anda dengan cepat. Apa penyebabnya? kerapatan pada lubang udara lah yang terhambat apalagi jika kasur tersebut kotor, bukan udara segar yang masuk melainkan kotoran dan debu lah, penyebabnya sama seperti tips saya diatas. Saran saya jangan bermain Laptop/Notebook ditempat empuk, posisi seperti ini karet penganjal pun tidak akan berguna

Gunakan Cooler Pendingin Cooling Pad


Mungkin saya sudah tidak perlu menjelaskannya dengan banyak seperti tips saya diatas. Cooler pendingin ini jelas sangat berguna untuk menjaga suhu Laptop/Notebook karena lubang udara dengan mudah dan cepat mendapatkan udara segar dan dingin.

Batasi Penggunaan (Terutama Game)


Terakhir. Apa anda senang bermain game? atau menggunakan Laptop/Notebook di waktu berlebih? jika iya, mulai sekarang batasi lah waktu anda karena akibatnya dapat membuat hardware terlalu lelah hingga dapat menyebabkan suhu meningkat. Saya menyarankan membatasi waktu (bukan game) 5 jam saja lalu istirahatkan sampai 4 jam karena penggunaan yang tidak berat. Sedangkan untuk game batasi waktu hingga 3 jam lalu istirahatkan 4 jam saja.