Tips Menjaga Kesehatan dalam Bermain Game



Memang Game sendiri sudah sangat berkembang saat ini, baik jenis konsol maupun PC. Game juga dapat menjadi tempat hiburan untuk penghilangkan stres dan beban pikiran anda. Visual, Grafis dan Gameplay yang keren dan indah dalam game terkadang membuat orang yang memainkan game tersebut menjadi ketagihan. bahkan kini tengah dikembangkan sebuah alat bernama Virtual Reality untuk konsol PS4, dimana anda dapat bermain game seakan - akan anda berada di dalam game tersebut.

Namun, Bermain Game dengan berlebihan juga tidak baik untuk diri anda, baik dalam hal waktu, kesehatan dan pikiran. Silahkan simak Tips - tips saya dibawah ini!


Batasi Waktu Bermain


Membatasi waktu bermain game sudah seharusnya kita lakukan. jika sudah terlalu lama bermain game dan terlalu asik, biasanya orang akan lupa dengan "Waktu" dan akhirnya, anda akan melupakan kegiatan - kegiatan penting atau kebutuhan anda. kegiatan dan kebutuhan penting seperti makan, sosialisasi, tidur, istirihat dan lain sebagainya bisa anda lewatkan karena lupa waktu akibat terlalu lama bermain game, hal buruknya? anda bisa saja terkena penyakit dan menghilangkan jiwa dalam bersosialisasi dengan orang - orang.

Untuk bermain game dengan batasan waktu, cukup 1 - 3 Jam saja dalam sehari. jika perlu, gunakan jam weker untuk mengetahui waktu. sebaiknya juga, lakukan aktivitas bermain game dibawah pukul 8 ( 20:00 ) malam untuk tidak membuat anda mudah lelah dan atur lah waktu bermain anda, sayangi lah diri anda.

Pilih Game yang Tidak Memancing Emosi Anda


Saat tengah bermain game, tak jarang juga, orang yang sedang memainkan game tersebut, terpancing emosi karena kalah dalam bermain game dengan tingkat kesulitan yang tinggi. anda bisa saja melampiaskan rasa kekesalan anda pada lingkungan sekitar atau bahkan perangkat gaming yang tengah anda gunakan dan berakhir dengan kerusakan.

Jika emosi sudah terpancing? cukup tutup game tersebut lalu berhenti lah bermain game tersebut hingga emosi anda reda.

Bermain Game bersama Teman "nyata"


Bermain Game dengan teman memang mengasikkan, apalagi dengan hal ini anda bisa melakukan sosialisasi pada teman anda. hal ini berguna untuk menghilangkan rasa kesendirian dalam bermain game dan juga berguna untuk meningkatkan jiwa sosialisasi anda. namun eitsss.. tunggu dulu, yang saya maksud disini adalah teman "nyata" bukan teman dalam maya seperti pada game online. teman dalam dunia maya bukanlah teman nyata kecuali jika anda sudah benar - benar menemui atau berinteraksi sosial langsung dengannya. punya banyak teman dalam dunia maya namun tidak punya banyak teman dalam dunia nyata? hal ini dapat membunuh rasa jiwa sosial anda.

Mulai Lelah? Tutup Gamenya!


Sebenarnya, yang saya maksud dari judul diatas untuk tidak memaksakan kondisi tubuh anda. lelah yang disebabkan karena game bisa bermacam - macam, seperti mengantuk, pusing, mata mulai lelah, tubuh terasa pegal dan lain sebagainya. jika anda tetap memaksakan tubuh anda pada kondisi ini, anda bisa saja terserang penyakit. sekali lagi, sanyangi lah diri anda!

Pilih Game Pengasah Otak


Game jenis ini dapat kita temui pada kategori puzzle, strategi, ingatan, kasus dan lain sebagainya. game jenis lah yang biasanya dapat mengasah otak anda untuk berpikir cepat. namun bukan berarti, bermain game pada jenis tersebut kita boleh mainkan secara berlebih untuk meningkatkan kinerja otak, ingatlah tips - tips saya diatas tadi.