Tips Membuat Password yang Aman dan Kuat!



Untuk seorang pengguna Email, Sosial Media, dan akun lainnya. membuat sebuah kata sandi pada akun tersebut dengan kuat dan aman, sudah menjadi kewajibannya, dengan alasan agar akun mereka tidak mudah untuk dibajak (Hack) oleh orang lain. bisa saja, anda menjadi salah satu korban dari para pembajak akun yang iseng, penasaran dengan isi akun anda dan melakukan hal - hal yang tidak baik dengan nama anda atau bahkan mencoba memperoleh keuntungan dari akun anda.

Memang, kita semua tidak ada yang tahu dengan malapetaka yang akan terjadi jika akun tersebut telah dibajak. sebenarnya, membuat password atau kata sandi yang aman dan kuat bisa kita lakukan sendiri dengan menyisipkan sebuah simbol unik, angka dan kata - kata yang tidak umum. Nah, pada kali inilah GudangTips-PC akan membantu anda, dalam membuat sebuah password atau kata sandi yang aman dan kuat.


Jangan Gunakan Kata yang Sangat Umum


Hal ini perlu anda perhatikan dalam membuat password anda, kata - kata umum yang sudah umum didengar sebagi contohnya : 01234nama anda sendiri, nama tokoh terkenal dan lainnya. hal inilah yang membuat pembajak akun mudah membajak akun anda. sebaiknya, gunakan kata - kata yang tidak umum atau kata yang cukup aneh. jika anda menggunakan password dengan kata yang sudah umum, sebaiknya segera mengganti password anda.


Gunakan Capslock pada Salah Satu Kata


Sebenarnya tidak ada salahnya menggunakan sebuah Capslock pada salah satu kata anda dan justru, hal inilah yang membuat password anda menjadi kuat. memang, biasanya saat tengah menuliskan password dengan Capslock keadaan menyala akan diberikan sebuah peringatan. namun jangan khawatir, justru menyelipkan sebuah capslock pada kata tersebutlah yang membuat pembajak akun kesulitan dalam menebak. 

Contoh misalnya dengan password kata umum ini : blackberry

namun dengan menyelipkan capslock, akan membuatnya menjadi sulit ditebak. 

Contoh hasil penyelipan capslock pada contoh password umum diatas : BlAcKbeRrY

Gunakan Kombinasi Angka, Simbol dan Huruf


Mungkin, melakukan sebuah kombinasi tersebut terdengar cukup rumit dan alay. namun justru menurut saya, menggunakan kombinasi - kombinasi tersebut lah yang dapat membuat password akun anda semakin kuat. 

Contoh password dengan kombinasi angka, simbol dan huruf : @kuB3nc1K@mu ( aku benci kamu ) atau Gud@ngT1p5-PC ( GudangTips-PC ).

Gunakan Simbol Unik


Menurut saya, ini bisa menjadi salah satu Tips yang saya rasa cukup ampuh. bagaimana tidak? penggunaan sebuah simbol unik dalam password sebenarnya jarang dilakukan. nah, hal inilah yang bisa membuat password anda semakin kuat.

Contoh, dengan menyelipkan simbol unik ini : t(O_o l") atau v(~_< )


Gunakan Password yang berbeda pada Setiap Akun Anda!


Hal ini juga perlu anda perhatikan karena bisa saja pembajak akun dengan mudahnya membajak akun lainnya setelah membajak salah satu akun anda. akibatnya, tidak hanya satu akun yang menjadi korban, namun bisa dua atau bahkan lebih. 

untuk lebih jelasnya mengenai Tips Membuat Password yang Aman dan Kuat, silahkan simak saja video berikut ini :